Thursday, January 10, 2013

Serial Trio Naga : Episode 1



Sebelum baca yang ini, udah baca Episode Intronya blom? Baca dulu gih intronya, di Serial Trio Naga : Introduction. Kalo udah, balik lagi kesini yaa.. Awas kalo nggak!



Episode 1
Perjumpaan di Kantin Sekolah

Sembilan bulan yang lalu….. (bentar lagi lahiran dong? Hush!)

Gilaa! Nih kantin penuh bangett! Keluh Nana begitu memasuki kantin. Hari ini hari pertama ia resmi jadi pelajar SMU, karena sudah mulai belajar. Minggu lalu sih udah masuk, tapi karena belum belajar, jadi belum bisa dibilang pelajar. Baru dibilang pelonco SMU, karena dalam seminggu masih jadi santapan pelonconya para kakak kelas. (Ayo getok narator! Belum-belum udah garinggg!!).

Pokoknya seminggu kemaren Nana stress berat.

Karena dikerjain senior? Bukann, itu mah biasa, semua juga ngalamin yang sama, disuruh bikin surat buat senior lah, disuruh ngepel lah, disuruh berdiri di tengah lapangan, baca janji-janji gombal karangan senior lah, ahh basii buat Nana. 
Untungnya, tampang Nana nggak cakep-cakep amat (ih, itu keberuntungan yaa?), jadi nggak ada senior yang rese ngejar-ngejar dia buat minta dibikinin surat cinta. Idihh ogaahh.. Nana bergidik mengingat seorang teman sekelasnya yang cantik, harus membacakan surat cinta super romantic sekaligus menjijikan, buat seorang senior yang tampangnya kalah cakep sama Tukul Arwana.
Mungkin, ini cuma mungkin, Nana akan rela dikerjain kayak begitu kalau mas seniornya mirip Zac Efron. Tapi boro-boro Zac Efron, sejauh pengamatan awal, yang ada paling banter cuma mirip Ridho Irama versi Opera Van Java. Ihh ogah!

Trus kenapa Nana kemaren stress? Grogi dan nggak siap sama pelajarannya? Waahh, itu mah bukan Nana bangett. Jelek-jelek begini, Nana tuh juara sekolah waktu SMP.  (Ini narator niat apa nggak sih mau muji? Nana tepok jidat)

Prestasinya sempet turun sedikit ketika Mama meninggal, tapi dengan cepat nilai-nilainya melesat lagi. Saking pinternya Nana, kayaknya hampir tiap guru pengen kasih dia nilai lebih dari 12 tiap kali dia ulangan deh. Bayangin, sementara orang lain buat dapet nilai 10 itu susahnya minta ampun, kudu puasa 40 hari 40 malem (hush! Mati dong!), tapi kalo buat Nana? Guru-guru malah berebutan pengen ngasih nilai paling tinggi. Kalo nggak dicegah Kepala Sekolah, mungkin nilai Nana udah 15 semua di raport. Guru yang aneh.

Trus kenapa dong si Nana? Coba deh tanya Nana baik-baik, dia pasti akan menjawab dengan sendu dan berleleran ingus, “Soalnya seminggu kemaren kelaperan, belum boleh ke kantinn.. gak bisa jajann… huhuhuhu..hiks.. srott..” 

Jyaaaaahh…  Kirain kenapa. (narator langsung koprol 3 x keliling lapangan bola)

Makanya hari ini, adalah hari pertamanya memasuki kantin secara resmi, dengan seragam putih abu-abu barunya yang masih licin, kinclong mengkilat, cling! (ini seragam apa mobil baru sih?? Hebat banget yah hasil cucian Bi Riris..).
Sebelum menuju kantin, perasaannya membuncah bahagia, berbunga-bunga karena rindu, serasa mau ketemu pacar, padahal punya pacar aja belum pernah.  Kalo ditanyain soal pacar, yang Nana inget adalah ‘butiran-butiran berwarna merah muda bening dan kenyal, yang manis dan bersaus santan’! Duh, jadi pengen nelpon Bi Riris minta bikinin..

Sebelumnya, dia sudah pernah mendengar ketenaran Mie Ayam Mas Yanto atau Nasi Rames Bu Yanti di kantin SMUnya (Ini pasti sodaraaan yaa? Hayo ngakuu!! *narator lagi ngasah samurai*). 
Belum lagi Siomay si Jono (nama aslinya si Jono adalah Johnny Walker Blues, asli Betawi Condet, tapi dia nggak mau ngaku, takut dimintain tanda tangan katanya, soalnya dia pernah maen film sekali, di film si Jampang Jago Betawi, berperan sebagai….…  golok..), atau Pisang Goreng Mbak Inah (nama aslinya Marsinah *psstt, jangan bilang-bilang ya, dia lagi nyusun tesis tentang “Awareness Pelajar Indonesia mengenai Pengiriman Tenaga Kerja ke Luar Negeri dan Bahayanya terhadap Human Trafficking”, karena sebenarnya dia mahasiswa S2 yang lagi nyamar!). 
Ada lagi Es Buah Mang Oye (nama aslinya nggak jelas, dia dipanggil begitu karena tiap ada yang pesen es, dia nyaut “Pokoknya Oye!”, sambil ngasih keempat jempolnya *bayangin sendiri dah*). 

Es Buah Mang Oye terkenal paling enak se-sekolah (ya iyalah, kan cuman satu!), karena isi buahnya paling komplit. Ada mangga, stroberi, nanas, nangka, alpukat, melon, semangka, sirsak, anggur, apel, bengkoang, kedondong, belimbing,  jambu biji, jambu air, pepaya, jeruk, pisang, rambutan, sawo, duren, salak, bahkan ada buah buni, buah gohok, buah naga, buah srikaya, buah mengkudu, sampai buah tangan dan Buah Batu yang diimpor langsung dari… Bandung!

Buset deh, nyeritain begini aja, narator jadi nelen ludah mulu dari tadi, ikutan ngiler.

Singkat cerita, setibanya di pintu kantin, Nana malah bengong. Huaa penuhnyaa! Ini orang semuaa?? jerit Nana dalam hati.
Lagi asyik bengong begitu, ada suara imut di sebelah Nana. “Huaaa penuhnyaa! Ini orang semuaa??”
Nana nyaris loncat 3 meter karena kaget. Bukan cuma karena omongannya persis sama seperti yang dipikirkannya, tapi karena pemilik suara imut itu adalah sosok yang sama sekali nggak imut!
Waaaa ada anak gajah putih nyasaarr!

Seakan bisa membaca pikiran Nana, anak gajah putih itu ngasih tatapan sewot.
“Eh, loe anak baru juga?”
“Eh, mm.. iy..iyaaa.. kok tahu kak?”
“Ya jelas dari seragam loe yang mengkilat sampe bisa buat ngaca itu lah! Jangan panggil gue kakak segala, lha kan gue anak baru jugaa..” katanya, mendadak ramah.
Nana manggut-manggut o’on. “Ooo.. anak baru jugaa.. tapi kok seragamnya nggak mengkilat?”

Keramahan si gajah putih hilang. “Eh, biarin! Ini baju bekas tauuk! Masalah buat looo??” Suara imutnya juga hilang, berganti jadi suara gajah ngamuk. Huaaaa.. Nana tambah stress, udah nggak bisa jajan karena penuh, ini malah jadi mangsa anak gajah!

“Ehh, nggak nggak.. nggak masalah kok.. pleaaseee jangan marah yaa… kamu cakep dehh.. yah? Yah?”
Suara imutnya si gajah kembali. “Hihihihi…” Eet dah, ini anak kok gampang banget berubah-ubah yak? “Loe tuh kasian banget yak, udah kurus ceking, matanya sirep pula.. Masa gajah dibilang cakep?”
Waaaa, ternyata dia nyadar berasa bodi gajah!

“Kenalin, nama gue Ully.. kelas X-3.. loe kelas berapa?”
Nana lega, ternyata gajahnya baik hati kok. Ia menyambut tangan Ully. “Nana.. kelas X-1.. Mau jajan juga?”
“Iya laahh.. masa ke kantin mau pasang behel??”
Nana tertawa.

“Tapi penuh nih.. Mana banyak senior, gede-gede..”
Ully angkat dagu. “Tenaangg, ada Ully… Yuk kita terobos! Loe pengen apa dulu? Nasi rames yuk!”
Nana mengangguk-angguk sumringah. Setuju 2000%, karena perutnya melilit kelaparan sejak jam pelajaran kedua tadi.

Dengan berlindung di belakang Ully, yang langsung menerobos kerumunan bagai mesin bor raksasa di film Armageddon,  sampai juga Nana di barisan antrian nasi rames di bagian dalam kantin. Ada beberapa anak baru juga kelihatannya, karena mereka masih celingak-celinguk pilih menu yang terpajang di balik etalase kaca. Banyak bener pilihannya!

“Makan apa nih, Ly?”
“Gue mau pake itu ahh.. Ayam yang dicabein, sama sayur kangkung, sambel, kerupuk.. wuidiih sedap banget kayaknya.. Loe apa?”
“Aku sama deh, tapi sayurnya buncis aja, trus tambah tempe..”
Ully melirik ke arah Nana di belakangnya. “Buset, kecil-kecil banyak juga loe makannya.. Bagusss.. Emang harus begituu..” Ully mengacungkan jempol.

Ketika giliran mereka tiba, Ully yang menyebutkan pesanan mereka pada bu Yanti yang dengan cekatan mengambil satu persatu pesanan ke piring.
“Eh iya, bu! Nasinya jangan setengah! Satu porsi aja!” perintah Ully. Bu Yanti bengong sebentar, tapi melihat penampakan Ully yang XXL, dia langsung sigap menambah nasi.
“Kalo teman saya ini bu, baru tuh setengah porsi ajaa..” Ully menunjuk Nana di belakangnya.
Nana langsung protes. “Eh, nggak.. nggak.. Saya satu porsi juga bu, nasinya..”
“Haa??” Ully dan bu Yanti melongo berjamaah.
“Serius loe, Na?”
Nana mengangguk sambil nyengir kuda. Ia sudah biasa menerima tanggapan semacam itu.
Ully terbahak. “Mangtaaappss! Gue suka gaya loe, Na!”
Ully dan Nana pun high-five. Bu Yanti langsung menyiapkan pesanan Nana, tapi sambil lirak-lirik ke arah Nana, setengah nggak percaya, badan sekecil itu, makannya sebanyak ini.

Begitu Nana menerima piring nasinya, bu Yanti pun siap menerima pesanan berikutnya.
“Next!” Ih, keren ya gayanya bu Yanti, kayak di tipi.

Seorang cewek di belakang Nana yang menyahut, “Saya pake telor, rendang, lodeh, sambel, kerupuk bu! Nasinya satu setengah yaaa..!
Bu Yanti langsung kejet-kejet. “Whaaa??? Seriuusss mbakk?? Nasinya satu setengah?? Nggak salah ngomong?”
Cewek itu mengacungkan dua jari. “Suweerrr, saya seriusss..!”

Saat itu, Nana dan Ully sedang freeze. Membeku dalam pose seperti adegan ketabrak truk di film kartun. Menatap tak percaya pada sesosok cewek cantik di belakang mereka. Cewek itu cakep banget, anak baru juga, badannya bagus, tapi makannya ngalahin kuli yang nggak makan tiga hari???

“Iiihh kok jadi pada bengong siihh.. Ntar kesambet lhooo..” Cewek cantik itu menegur semua orang yang menatapnya sambil mangap. Ya, hampir semua orang disitu sedang bengong menatapnya. Cakep cakep rakus!

Bu Yanti pun masih gemetar saat menyerahkan pesanannya, selain masih tak percaya, juga takut isi piringnya tumpah. Soalnya penuh banget!
Cewek itu menerimanya dengan tenang. “Makasih ya buu..” Cuek ia melenggang mencari kursi kosong.

Nana dan Ully yang sudah sembuh dari freezenya, senggol-senggolan, saling berusaha membaca pikiran masing-masing.
“Udehh kita barengin aja doi.. yuk!” bisik Ully. “Yuk!”

Untungnya, meja yang ditempati cewek itu masih ada celah buat Nana duduk. Sementara Ully harus mengusir beberapa orang dulu, sebelum bisa duduk.
“Hei..” sapa Ully.
“Haloo..” cewek cantik itu membalas dengan senyum manis. “Makan bareng yuukk!”
“Kamu makannya banyak ya..” komen Nana, polos.

Cewek itu tersenyum, dengan mulutnya yang sudah terlanjur dipenuhi nasi dan teman-temannya. Jadi senyum yang aneh.
“Haamuuuhh Hhuuugaaa..” balasnya.

Nana dan Ully juga langsung menyantap isi piringnya.
“Haaamaaaakuuhh Hnnaanaa..”
“Ghhuuee Huuullyy..”
“Haaakuuuhh Hhhhiineeeshh..”

Kalian ngerti kan mereka ngomong apa? Ya, cewek cantik itu Ines.

Yang jelas, sejak itu, mereka langsung bersahabat. Karena hobi yang sama, makan banyak. Mereka juga selalu mengalami hal yang sama setiap memesan makan di kantin. Dipelototi orang-orang yang tak percaya mereka bisa makan sebanyak itu. Ada yang menertawakan, ada yang memandang aneh, ada yang ngata-ngatain. Tega ya? Yah, kadang SMU memang bisa kejam, bro.. Tapi selama ada sahabat, apa sih yang nggak bisa diatasi?

Trus, kenapa mereka bisa dapet julukan Trio Naga? Itu di episode berikutnya yaa..
Sekarang udah jam enam sore, bentar lagi maghrib, mau makan dulu.. eh.. sholat maksudnya..
See you  tomorrow!

No comments:

Post a Comment