Tuesday, January 8, 2013

Serial Trio Naga

Introduction

Trio Naga adalah kisah tentang 3 sahabat di sebuah SMU di Pasar Minggu. Di kisah ini ada tawa, tangis, ceria, dodol, konyol, romantis, seperti abege pada umumnya. Tapi mereka bukan abege biasa.

Serial ini (direncanakan) untuk bersambung, sampai episode yang belum ditentukan, mudah-mudahan bisa sampai mereka punya cucu.. *Wakss lama amaatt!!*

Enjoy...



Nana’s Life


“Bibiiiiiiiiii!”

Suara Nana membahana ke seisi rumah, memecah sunyi di tengah subuh.

“Ya Allah, Nana, berisik amat sih subuh-subuh?? Kedengeran sampe halaman tahuuu!”. Papa yang baru aja masuk rumah, langsung ngomel-ngomel, mirip Bibi kalau lagi ‘galau’.

“Eh, Papa udah pulang dari masjid ya..”. Nana nyengir lebar, sambil ngelap iler. “Iniii Bibi manaa? Nana kesiangann nihh..”

“Ntar Papa cariin, biasanya jam segini dia udah dateng kok. Kamu sholat subuh dulu sanah!”

Nana balik kanan, sambil hormat bendera. “Siap, bos!”

Nana adalah seorang siswi SMU kelas X, alias baru masuk SMU satu semester lalu.  Kini ia tinggal bersama sang papa, karena mama Nana meninggal dunia 2 tahun lalu. Sebenernya nggak cuma sama Papa sih, karena masih ada Bi Riris yang sudah ikut keluarga mereka sejak Nana kecil, tapi tinggalnya di kontrakan belakang rumah Nana, bersama seorang anak perempuannya.

Kata Mama dulu, Bi Riris masih ada hubungan saudara jauh dengan Mama. Jadi, sepupu dari om-nya kakek Mama yang di Sumedang, punya anak perempuan yang menikah dengan orang Banten. Nah, Bi Riris ini adalah.. anaknya? Bukaann..! Bi Riris adalah ipar dari keponakannya suami dari anak perempuan sepupu-omnya Mama, yang orang Banten itu. Jadi Bi, Riris orang Banten? Bukaaaannnn..! Bi Riris itu orang Cilacap.. (Lho?) 

Nah, jauh kan?

Kenapa jadi ngomongin Bi Riris sih?

Pokoknya, di rumah Nana, selalu ada Bi Riris yang siap bantuin keluarga Nana deh. Nah, si Bibi ini umurnya udah hampir 60 tahun, tapi tenaganya nggak kalah sama abang-abang kuli beras di pasar. Kerjanya rajin, rapi, bersih, orangnya jujur, baik hati, bertanggung jawab, suka menabung, penyayang binatang, berbakti pada orangtua.. eh.. kok jadi dasa dharma pramuka.. Pokoknya gitu deh! Yang paling penting, Bi Riris ini pinter banget masak! Ajib deh masakannya!

Ini kenapa masih aja ngomongin Bi Riris???

Sebenernya, cuma ada satu yang suka bikin Nana senewen sama Bi Riris. Cerewetnya ituu! Ampuuunn deh! Mama aja dulu nggak cerewet-cerewet amat. Tapi kalo dipikir-pikir, dulu mungkin Mama nggak cerewet karena udah ada Bi Riris, yang selalu ngingetin semuanya, dari jadwal makan, sampe letak peniti yang Nana taroh sembarangan. Dari ngomentarin kegiatan Nana yang padat, sampe ngomentarin jerawat Nana yang kadang nongol dikit, kadang nongol banyak (Hiks!).

Tiap kali Bi Riris kumat bawelnya, pengeeeenn rasanya Nana jedotin kepala ke tembok kamar. Tapi nggak jadi, karena setelah dipikir lagi, bisa-bisa Nana nggak sempet ngapa-ngapain, kerjanya jedotin kepala terus dan benjol sejuta umat. Lha wong, bawelnya si Bibi nggak ada jadwalnya, bisa setiap menit!

Hadeeeuuhh.. Ini topiknya kok masih Bi Riris yaaa.. *nyakar-nyakar tembok*

Tapi, biarpun bawelnya Bi Riris mengalahkan tukang obat di pasar ikan (Emang ada??), Nana tetap sayang. Karena eh karena.. tidak lain dan tidak bukan.. adalah, masakan Bi Riris yang super ajib itu!
Nana, adalah cewek yang penampakannya kurus kering, langsing semampai, tipis sepapan (kasian banget sih??), namun wajahnya manis dan berambut panjang hitam indah bak bintang iklan obat panu (*keluh*). Karena penampilannya yang kurang meyakinkan itu, tidak ada yang menyangka kalau Nana adalah seorang cewek dengan selera makan yang tak terduga. Sumpee, Nana makannya banyak banget!

Selera makan Nana yang sudah diakui keabsahannya oleh seluruh sahabat-sahabatnya sejak SMP ini, memang ajaib. Seperti pagi ini, setelah sholat subuh terburu-buru (nggak boleh ditiru yaa..), mandi terburu-buru, pakai seragam terburu-buru, sisiran terburu-buru (untung rambutnya tipis), Nana akhirnya siap di meja makan.

“Bibi geulis, menunya apa sarapan pagi ini?”. Nana mengedipkan matanya pada Bi Riris yang cuma nongolin kepalanya dari dapur. Bau harum tercium, menyengat hidung Nana. Hmmm.. nasi uduk rupanya.

“Halah, si Eneng, giliran mau minta makanan aja, muji-muji.. ntar kalo udah kenyang, Bibi diomelin lagi..” Bi Riris manyun, sambil menenteng bakul isi nasi uduk dan sepiring telur dadar.
Nana cuek. “Hmm.. haruumm.. enaks bangettss niiiihh.. Sikaaattt!”

Maka, berakhirlah nasib sepiring nasi uduk dan teman-temannya, telur dadar, tempe orek, abon sapi, balado teri beserta kerupuk udang. Buset deh, Na! Laper apa maruukk??

Papa yang baru saja rapi dan siap ngantor, baru aja keluar kamar. “Buset deh Na! Laper apa maruukk??” (Ih, Papa komennya nggak kreatip!)

“Kan Nana masih masa pertumbuhan, Papaaa..” (Halah, Nana jawabannya juga nggak kreatip! Like father like daughter, suka-suka bapaknya, ya suka-suka juga kelakuan anaknya!)

“Udah ya Paaa.. Nana berangkat! Ciaaooo!”. Nana langsung dadah-dadah ala Miss Universe.

Papa cuma bisa gedek-gedek.. eh.. geleng-geleng. “Nanaaa.. Salam kek!”

“Oh iyaa..” Nana nyengir. “Assalamualaikum! Dadaah Papaa! Ciaoooo!” Teuteup.

Kemudian berangkatlah Nana ke halte bus yang jaraknya hanya 20 meter dari rumahnya itu. Menanti bis oranye nomer 75, menuju SMUnya di Pasar Minggu.
------
Ully’s world

“Maaakkk! Ully mau berangkat niihh!” teriak Ully ke arah belakang rumah, dimana Emak lagi sibuk mandiin si Udin sambil menggilas cucian baju segerobak. Untung nggak kebalik, mandiin cucian sambil menggilas si Udin. 
“Iyee berangkaat ajee!”
“Ihh, emak pegimane? Ini si Amii nihh.. udah Ully suapin, udah pake seragam, udah Ully sisirin. Makanya mau Ully tinggal nihh.. Ya Mak?” 
Emak menjawab tanpa menoleh. “Iye iye.. Babe loe juga bentar lagi pulang dari pasar, ntar biarin dia yang anterin Ami ke sekolah. Udeh loe pergi aje sono..”

Ully nyengir senang. “Salam dulu dong Maakk..”
“Oiye.. Sini lo!”

Ully mencium tangan emaknya yang masih penuh busa deterjen, lalu mengelap sedikit busa yang ikut-ikutan mampir di hidungnya.
“Ully berangkat ya mak..”
“Oiye, pisang udah digoreng? Berapa biji yang loe goreng?”
“Sesisir mak..”
“E buset, banyak benerr? Mau jualan pisang goreng loe? Itu buat sarapan ajaa..”

“Yah, emak, kayak nggak tahu Ully aja, kalo nggoreng pisang 4 buah doang mah, buat Ully aja kurang maaakkk… Kan buat babe juga, buat Ami, Udin, dan emak juga..” Ully kedip-kedip. Bukan lagi merajuk sama Emak, tapi kelilipan. Abis emak kalo ngomong muncratt!

Emak tersenyum semanis pisang goreng yang ditabur gula pasir sekilo.
“Emang anak baek loe, Ly.. Makasih yee.. Trus loe udah sarapan berapa potong?”
Ully nyengir. “Sepuluh biji mak..”
Emak langsung koprol depan belakang. “Haaaaaa????!!! Banyak bener? Mau sekolah ape mau nyangkul?? Pegimane badan loe nggak makin melar??”

Ully malah nyengir makin melar, eh lebar.

“Trus, masih ada berape di piring?”
“Delapan, mak.. cukup lah buat berempat.. Udeh ah mak, ntar Ully telat niihh.. Daaah Emaakk..! Assalamualaikummm!” Ully pun ngacir dengan sukses.

Emak pun menjawab salam Ully, sambil tetap koprol kanan-kiri.

Ully pun berlari, menuju halte. Mikrolet jam segini sudah mulai penuh. Sambil menunggu mikrolet M-16 berikutnya, ia masih memikirkan Emak. Kasihan Emak, pasti laper berat setelah koprol sebanyak itu pagi-pagi begini.

Seharusnya tadi  aku menggoreng lebih banyak, pikirnya.
 (Yeeee, seharusnya loe yang makan lebih sedikit!).
Yee, terserah gue dong! Kan gue laper berat, protes Ully dalam hati.
(Ah, dasar gembul aja loe, Ly!).
 Ahh sirik aja loe sama badan gue yang bohay ginih!, balas Ully lagi, masih dalam hati.

Woooyyyy!! Ini kenapa narator sama tokohnya malah berantem?? Mikroletnya dateng tuuhh!!
“Bangg! Pasar Minggu yaa..”
Dan sang mikrolet pun langsung deg-degan, melihat sesosok kuda nil menaikinya.

Dasar narator dodol! Nyela mulu! Ully sewot dalam hati.
(eehh terserah gue! Gue yang punya cerita kok, week!)
(Daah mikrolet..! Semoga selamat nganter Ully ke sekolah ya! Tabahkan hatimu ya Lettt!!)
Ully pun manyun.
----
Ines’ Story

Ines duduk dengan cantik di meja, lengkap bersama Papa, Mama dan Bang Andre. Mereka selalu sarapan bersama, sebelum terpisah karena aktifitas masing-masing. Papa langsung ke kantor pakai Crown hitamnya. Ines diantar Pak Agus ke sekolah, pakai Innova biru. Bang Andre berangkat kuliah pake Ninja merahnya. Mama kadang di rumah, kadang arisan, kadang seminar, kadang nge-MC, kadang bakti sosial, kadang nengok temennya, kadang ke mall, terserah aja. Terserah temennya yang jemput maksudnya, soalnya mobil dipake semua! Yang jelas, Mama yang paling gaul dan super sibuk.

Sarapan pagi ini, roti bakar, chicken cream soup, omelette, sama bubur kacang ijo. Whuaaa nggak nyambung blas! Ya begitu deh, kalau tukang masak di rumah Ines  hasil audisi Masterchef Indonesia. 
Mbak Leni itu masih muda, 20 tahunan gitu deh. Dia udah diasuh neneknya Ines sejak kecil. Sejak Nenek meninggal 5 tahun lalu, Mbak Leni ikut keluarga Ines di Jakarta. Hobinya masak, mencoba resep baru dari buku resep yang dikoleksi Mama Ines (Mama mah hobinya ngoleksi doang, nyobain nggak!). Dan hasilnya seringkali memuaskan, walau pernah juga gatot, alias gagal total.

Pernah mbak Leni pengen bikin chicken cordon bleu buat makan siang, sekaligus bikin comro buat camilan. Karena rusuhnya, eh itu oncom sama keju ketuker! Jadilah mereka makan siang dengan Chicken Oncom Bleu dan camilan Juro, alias Keju Dijero! Enak juga!

Tapi Ines sayaaaaanggg banget sama mbak Leni, apalagi ia nggak punya kakak perempuan. Dia juga nggak pernah protes sama masakan-masakan anehnya mbak Leni. Mau Chicken Oncom kek, Tempe Bolognaise kek, pepes bekicot kek, sayur super-asem kek (soalnya selain pake asem, mbak Leni masaknya sayur asemnya juga pake belimbing wuluh 5 biji, jeruk nipis, trus ditambah lagi sama mukanya yang emang lagi asem karena bĂȘte gara-gara dikecengin tukang sayur keliling). "Kenapa sih bukan Ariel yang ngecengin aku?" protesnya waktu itu. Halah!

Selain itu, Ines juga selalu menghabiskan masakan mbak Leni, seaneh apapun. Ia rajin memberi masukan dan membuat  mbak Leni semakin bersemangat untuk mencoba resep baru lagi. Ketika ada audisi Masterchef Indonesia, Ines juga yang daftarin. Ketika mbak Leni terpilih untuk audisi, Ines juga yang nganterin. Ketika muka mbak Leni ditekuk kayak origami lecek, gara-gara gagal audisi, Ines juga yang menghibur.

Mama dan bang Andre yang sering protes dengan masakan mbak Leni. Setelah muntah dengan sukses dengan tempe bolonyes tempo hari, Mama nggak pernah lagi mau jadi orang pertama yang mencicipi masakan mbak Leni, apalagi kalau lagi nyoba resep baru. Selalu Ines yang dipanggil untuk nyicipin.

Seperti dua hari lalu ketika mereka akan sarapan.
“Gimana Nes? Enak nggak?” Mama penasaran banget, langsung ngajak Ines ke dapur begitu mbak Leni selesai masak.
Ines mengunyah pelan-pelan, memejamkan mata, sambil mikir, persis gayanya Graham Elliot juri Masterchef US. Bedanya, Ines bukan cowok bule, badannya juga nggak bullet kayak Graham. Ines cewek jawa asli, cantik kayak putri keraton, bodi proporsional, pokoknya cakep banget deh.

“Hhmm.. lumayan.. ikannya agak kematengan sedikit, tapi nggak pa-pa. Agak kurang garem..”

Mama langsung nyuruh mbak Leni nambahin garam.
“Trus, apa lagi?”

“Mmmhh.. tomatnya beraasaaaaa bangett..pedesnya juga pas.. enak.. bentar bentar.. ada rasa yang aneh.. kok kayaknya Ines ngerasain ada coklat yaaa??”

Mama kaget. “Ha? Gimana tuh Len? Kok ikan dicabein gitu bisa berasa ada coklatnya??”

Mbak Leni ikut kaget. “Waduh, kenapa ya? Apa saya ketuker lagi?? Tadi sih saya emang sekalian bikin roti bakar isi meises juga, buat sarapan.. Ibu udah makan belum?”

Mama menggeleng. “Belum siihh.. eh tapii…”

Belum selesai Mama bicara, ada teriakan dari ruang makan. Suara Bang Andre.
“Huueekkkssss!! Mbak Leniiiiiii!! Ini kenapa roti bakar isi terasiiiii?????!!! Pliiissss deeeehhhh!!”

Di dapur, Mama dan Ines guling-guling di lantai sambil ketawa ngakak, sementara mbak Leni sedang panik menyiapkan roti bakar yang baru.

Kelihatannya hidup Ines indah ya. Nanti dulu. Ceritanya baru mulai.

Ines adalah sahabat Nana dan Ully. Ia yang paling cantik diantara mereka bertiga. Seperti para sahabatnya juga, ia hobi makan. Ia juga yang paling tajir. Kalau Nana hidup sederhana berdua dengan papanya (plus Bi Riris deng! We don’t forget you Bi!), Ully hidup rusuh dengan emak, babe dan kedua adiknya, Ines hidup serba ada. Mau jalan-jalan, ada mobil plus pak Agus yang siap nganterin. Mau makanan, ada mbak Leni yang siap di dapur. Perlu uang, ada Papa yang siap transfer. Perlu curhat, ada Mama yang seru. Perlu pelampiasan, ada bang Andre yang siap dikerjain. Lengkap deh pokoknya!

Terus kenapa Ines bisa deket banget sama Nana dan Ully?

Ceritanya ntar lagi yaa, di episode berikutnya.
 

Jangan kemana-mana ya! Stay Tune! Eh, boleh kemana-mana ding.. pada mandi dulu gih, pada makan dulu, pada belajar, cuci kaki, trus bobo deh. Besok balik lagi kemari yaaa.. Muaacchh! 
 

1 comment:

  1. Jiyahahaha ... seru! seru! suwer. ayo terusiiiin ... penokohannya udah kelihatan beda masing-masing. Tinggal alur mereka bertiga menjadi satu nih. Ditunggu balasannya! Eh, lanjutannyaa ....

    ReplyDelete