Friday, June 7, 2013

By the time the baby is born..

Sudah sejak lama sebenarnya, Hani, yang September tahun ini akan berusia 10 tahun, menyadari bahwa dirinya bukan lagi anak-anak. Mulai dari bacaan komik tentang Pubertas, bahasan di pembinaan sains tentang perkembangbiakan manusia, hingga gaya pertemanannya, terutama melihat beberapa teman-temannya yang notabene 'tubuhnya' lebih dewasa dibanding dirinya.

Karena pada dasarnya ia adalah anak yang serba ingin tahu, maka tercecarlah dari bibirnya pertanyaan-pertanyaan yang semakin 'sulit'. Tentang perubahan anatomi tubuh, tentang perubahan hormon, persiapannya jika suatu hari nanti ia akhirnya mendapat haid, dan banyak lagi. Pada dasarnya, ia menyebut dirinya 'pra-puber' atau 'pra-remaja'.

Masalahnya, emaknya yang imut ini, juga masih 'remaja' (*bletaakkkk!!*).. Mau nggak mau, walau tetap dengan tampang dan jiwa muda (huhuyyy!), pikiranku harus semakin dewasa, harus makin rajin mencari ilmu, harus makin sabar dan bijaksana (duh), karena memang sudah tiba waktunya.. *malah telatt tauuu...*

Di kala diri ini masih tergagap-gagap menghadapi kenyataan punya anak menjelang ABG, tiba-tiba tanpa direncanakan, hadirlah calon adik Hani di dalam rahim emak imut ini.. (teuteuuup). Apa ini berarti aku sudah siap? Pastinya.. Kalau Yang Maha Kuasa sudah menentukan demikian, ya jalani saja..

Keraguan-keraguan yang hadir di awal kehamilan, makin lama makin pudar. Kehamilan yang satu ini sama sekali tidak menyulitkan. Aku tetap aktif, sehat, nggak manja. Pertumbuhan janin sangat baik, walau tubuhku tetap langsing semampai (maap kalo banyak temen yang sirik.. hihihi).
Tapi kadang masih saja berkelebatan rasa gundah dan gelisah yang datang tanpa peringatan, lalu pergi tanpa say goodbye.. Datang tak diundang, pulang tak diantar.. *JailangkungModeON*

Lalu masalahnya apalagi?
Masalahnya, aku sadar, Hani, yang akan menjadi si sulung, akan menghadapi fase transisi yang kritis, dari berlalunya masa kanak-kanaknya, menuju keremajaannya. Dan aku juga sadar, itu bukan fase yang mudah. Menghadapi remaja masa kini nggak sama dengan jaman ABGku dulu.. jauuuhh..
Sekarang, tantangannya jauh lebih banyak.
Dan, rasanya, modalku sebagai pendampingnya, masih sangat jauh dari cukup..

Bersamaan dengan itu, aku juga akan kembali menjadi mom of new born baby, yang sudah dipastikan dan dibuktikan, akan sangat menguras energi dan emosi. Apalagi, jika prediksi banyak orang adalah benar (melihat kesuperaktifanku selama hamil), bahwa adik baru ini adalah laki-laki, aku butuh ilmu baru! I have zero knowledge of raising a boy!

Jadi janganlah heran, jika dalam beberapa tahun ke depan, aku akan tetap langsing semampai, walau selera makanku sungguh aduhai..

Because, by the time the baby is born, and couple years ahead, I will face two critical phase of being a mom.. Raising a teenager, and also a toddler.. So help me, God..

“La Hawla Wa La Quwwata illa Billah”
There is no power and strength except with Allah Subhanahu wa Ta’ala..

7 Juni 2013
Bunda yang resah dan gelisah.. menunggu di sini.. di sudut sekolah... tempat yang kau janjikan..
*udah wooyy udaahh.. malah nyanyi..*

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    ReplyDelete