Saturday, June 22, 2013

Asyik Masyuk Dengan Musik

Bicara tentang musik bersama saya? Waktu anda akan habis tak bersisa. Hehehe..

Musik hampir selalu ikut dalam setiap momen hidup saya. Musik yang asyik buat saya, adalah musik yang mewakili setiap momen-momen itu. Saya mengalami masa-masa ngefans berat New Kids On The Block dan Tommy Page saat SMP. Kuis favorit yang ditayangkan TVRI sekitar awal era 90-an adalah Gita Remaja alias kuis tebak lagu ala Tantowi Yahya. Hampir setiap soal saya babat habis. Andai saya bisa ikut jadi peserta, mungkin sudah jadi juara umum.

Saya bahkan pernah ditegur guru SD saya karena ketika Ujian Praktek Seni Musik kelas 6, bukannya menyanyikan lagu daerah atau lagu perjuangan, malah menyanyikan lagu Layu Sebelum Berkembang! Parah!

Masa SMA? Wow, itu masa jaya-jayanya TOP 40. Genre slow-rock merajai di era ini. More Than Words-nya Extreme jadi lagu kebangsaan. Namun selera musik saya masih random alias acak di masa-masa ini. Ababil. Abege Labil.

Masuk kuliah di Bandung, selera musik saya mulai membaik. Pengaruh terbesar adalah sahabat-sahabat saya yang sebagian besar pecinta musik. Teman-teman yang pria bahkan membentuk band angkatan, dengan kami, yang wanita, sebagai manajer, merangkap seksi konsumsi, merangkap groupies. Tugas utama saya adalah, mencarikan lirik lagu yang akan dinyanyikan. Semester pertama, kami jam session berpindah-pindah dari kos yang satu ke kos lainnya. Ketika ada acara pentas seni di kampus, kami patungan untuk bisa sewa studio latihan. Gitar jadi instrumen wajib di sela-sela belajar bersama. Karaoke jadi agenda utama saat menghabiskan malam minggu bersama. Tak peduli suara kami separah apa, yang penting happy. Apalagi karena karaokenya di Happy Puppy.

Hasilnya adalah, di semester pertama itu, nilai-nilai sebagian besar dari kami didominasi oleh huruf...C.

Apakah kami lalu membubarkan band gurem itu? Tidak. Frekuensi nongkrong kami memang berkurang, tapi sekali-kali kami masih ber-karaoke. Band juga beberapa kali berganti personil, dan masih diminta tampil di acara syukuran wisuda, karena teman-teman saya yang anak band itu sudah terlanjur populer (walau suaranya nggak bagus-bagus amat).

Musik selalu jadi bagian pergaulan kami. Kami mengerjai teman dengan mengutak-atik lagu. Kami menyatakan cinta, patah hati, kekaguman, kekecewaan, dengan lagu. Patah hati saya pertama, diwakili oleh lagu Always-nya Bon Jovi. Yang kedua, Aku Cinta Kau dan Dia-nya Ahmad Dhani. Ketika harus menginap di laboratorium untuk penelitian, sepanjang malam kami ditemani musik full-beat yang ramai ala Backstreet Boys dan N'Sync, supaya kami tidak kesepian dan mengantuk. Apalagi gedungnya lumayan seram kala sepi di tengah malam. Hiiii..

Seorang teman pernah berujar, bahwa nanti calon suaminya harus bisa bermain gitar. Lalu saya menambahkan, calon suami saya harus bisa bermain gitar dan bisa menyanyikan lagu Seputih Melati (yang dinyanyikan Dian Permana Putra).
Lalu apa yang saya dapat? Akhirnya saya dapat suami yang pemain gitar, beliau pernah ngamen semasa SMP, pernah jadi gitaris terbaik di SMA, penggemar berat The Beatles, daann... bisa menyanyikan lagu Seputih Melati! Eh, tapi lebih baik saya yang menyanyi, soalnya suara dia parah!

Suatu kali, kami berdua pernah mengunjungi pasar seni kampus saya, dan menonton penampilan sebuah band lokal yang saat itu baru populer di Bandung. Band itu menyanyikan lagu-lagu Queen dengan sangat bagus. Vokalisnya memiliki suara merdu yang melengking tinggi. Band itu juga menyanyikan sebuah lagu asli mereka, yang membuat kami ikut melompat-lompat kompak bersama penonton lainnya. Band itu di kemudian hari menjadi sangat top di Jakarta, bahkan seluruh Indonesia. Band itu adalah Seurieus. Vokalisnya Candil. Dan lagu yang membuat saya melompat-lompat di halaman kampus kala itu adalah "..daripada musik metal, lebih baik musik jazz!..". Seru!

Selera musik saya dan suami sangat berbeda. Saya penyuka jazz, dia rocker. Saya tak suka The Beatles, kecuali jika lagunya dinyanyikan orang lain. Sementara dia, Beatles-mania sejati! Tapi hobi bermain gitarnya bertemu dengan hobi saya menyanyi. Mungkin karena sadar suaranya sering 'lari-lari' tidak jelas nadanya, saya selalu didaulat untuk menyanyi setiap kali dia ingin mengulik akord gitar dari sebuah lagu.

Saya dan beberapa ibu-ibu tetangga pun pernah mengisi acara panggung agustusan, dengan suami saya sebagai gitaris, bersama tetangga lain yang juga hobi bermusik. Ibu-ibu yang lain memang suaranya merdu, kalau saya sih sepertinya hanya sekadar punya level kepercayaan diri yang kelewatan. Puncaknya, saat penampilan terakhir kami beberapa tahun lalu, mic saya mati, entah kenapa. Mungkin karena tak sanggup menanggung ke-over PD-an saya ya..

Biarkan sajalah. Yang penting, suara saya masih diterima di rumah saya sendiri. Saya masih menikmati musik setiap hari. Masih ada You Tube. Internet mati? Saya masih punya sebuah external hardisk berisi ribuan lagu berbagai era, yang masih terus bertambah karena hobi saya mengunduh lagu. Suami saya juga tetap menyukai suara saya kok.

Masih banyak cerita saya tentang musik. Namun jika diceritakan semua, sama saja menceritakan seluruh hidup saya. Ingin ditemani menikmati musik asyik? Tag me anytime!

Lomba Blog Kumpulan Emak-emak Blogger dan Langit Musik

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    ReplyDelete